6/recent/ticker-posts

Eksistensi dan Loyalitas Seorang Pemimpin dalam Pelaksanaan Pesta Demokrasi di SMPN 5 Gununghalu

 "Projek Pemberdayaan Demokrasi di SMPN 5 Gununghalu Sukses, Euis Lesmini Djuanda Buktikan Kemampuan Seorang Pemimpin Penting Bagi Kemajuan Lembaga"

Gunung Halu, Beritaedukasi.com - SMPN 5 Gununghalu berhasil melaksanakan projek pemberdayaan demokrasi dengan sukses. Kerja keras tim pelaksana projek dan seluruh guru pembimbing projek terbayar lunas saat pelaksanaan pesta demokrasi berlangsung sukses dan menghasilkan satu pasang pemimpin dan wakil pemimpin Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Kepala sekolah SMPN 5 Gununghalu, Euis Lesmini Djuanda, S.Pd, M.Ed membuat bukti bahwa kemampuan seorang pemimpin sangatlah penting bagi kemajuan sebuah lembaga dan hal tersebut dibuktikan salahsatunya dengan berhasilnya pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila tema suara demokrasi di SMPN 5 Gununghalu.


Tim pelaksana projek yang terdiri dari Kanah S.Pd, Euis Tita Rohayati, S.Pd.I, Gr, Mila Meliani S.Pd, Ratna Suminar, S.Pd, dan Lia Yuliani S.Pd dibantu oleh seluruh guru pembimbing projek yang terlibat berhasil melaksanakan pesta demokrasi dan menghasilkan satu pasang pemimpin dan wakil pemimpin OSIS.

Sebelum pelaksanaan pemungutan suara, para pasangan calon merancang visi dan misi mereka kemudian mensosialisasikannya kepada seluruh warga sekolah dengan tujuan supaya warga sekolah mengetahui program dan keunggulan calon pemimpin OSIS yang akan dipilihnya.

Keberhasilan projek ini bisa diambil hikmahnya diantaranya adalah terciptanya kemampuan peserta didik dalam memberikan pendapat baik secara lisan maupun tulisan serta terciptanya pigur seorang pemimpin yang memiliki jiwa social yang tinggi, bertanggung jawab, disiplin, bernalar kritis dan mampu menghargai pendapat orang lain. Karena sejatinya pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menghargai rakyatnya.

Dalam kehidupan kita, keberadaan seorang pemimpin sangatlah dibutuhkan. Sejak jutaan tahun yang lalu, sejarah telah menceritakan tentang penciptaan seorang pemimpin yang termaktub dalam Qur'an Surat Al Baqarah ayat : “Sesungguhnya aku akan menjadikan di muka bumi ini seorang pemimpin”. Pada jaman sekarang, keberadaan seorang pemimpin juga sangat menentukan bagi sebuah perkumpulan manusia baik itu perkumpulan secara kelompok kecil ataupun secara skala besar.

Pemimpin tidak hanya menjadi tolak ukur keberhasilan suatu kelompok saja melainkan akan menjadi titik awal sejarah dari sebuah peradaban besar. Seorang pemimpin yang baik akan menorehkan tinta emas dalam hati setiap anggotanya dan begitupun sebaliknya, seorang pemimpin yang buruk akan menorehkan bekas keburukan pada anggotanya.


Dalam konteks pelaksanaan pesta demokrasi di SMPN 5 Gununghalu, eksistensi dan loyalitas seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinannya sangatlah dibutuhkan. Kepala sekolah, Euis Lesmini Djuanda, S.Pd, M.Ed membuktikan bahwa kemampuan seorang pemimpin sangatlah penting bagi kemajuan sebuah lembaga dan hal tersebut dibuktikan dengan berhasilnya pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila tema suara demokrasi.

Proses pemilihan pemimpin OSIS di SMPN 5 Gununghalu juga merupakan proses yang mengajarkan nilai-nilai demokrasi sejak dini kepada para siswa. Para siswa mempelajari tentang demokrasi dan pelaksanaannya sejak awal dan dipercayakan untuk menjadi pelaku dalam menjalankan pesta demokrasi tersebut.


Para pasangan calon yang turut serta dalam pemilihan berjuang keras untuk merancang visi dan misi mereka dan menyosialisasikannya kepada seluruh warga sekolah. Mereka juga melaksanakan debat terbuka yang disiarkan langsung melalui media sosial untuk menjangkau orangtua siswa dan masyarakat agar bisa menyaksikan debat terbuka tersebut.

Terpilihlah satu pasang calon ketua OSIS dengan suara kemenangan telak, yang menunjukkan bahwa pengambilan keputusan melalui mekanisme demokrasi merupakan cara yang efektif untuk menentukan pemimpin yang diharapkan bisa membawa perubahan besar bagi OSIS SMPN 5 Gununghalu ke arah yang lebih baik dan maju di masa yang akan datang.

Dengan demikian, pelaksanaan projek pemberdayaan demokrasi di SMPN 5 Gununghalu sukses membuktikan bahwa keberadaan seorang pemimpin sangatlah penting dalam kemajuan sebuah lembaga atau perkumpulan manusia. Hal ini juga mengajarkan nilai-nilai demokrasi sejak dini kepada para siswa dan mempersiapkan mereka sebagai generasi yang mampu mengambil keputusan dengan bijak melalui mekanisme demokrasi.

Post a Comment

0 Comments