6/recent/ticker-posts

SMPN 2 Cikalongwetan Sukses Gelar Karya untuk Wujudkan Merdeka Belajar dan Kembangkan Karakter Siswa


Cikalongweata, www.beritaedukasi.com - SMPN 2 Cikalongwetan mengadakan Gelar Karya pada tanggal 31 Mei 2023 yang dihadiri oleh seluruh warga sekolah. Selain itu, tokoh masyarakat sekitar, kepala sekolah, guru pembimbing sekolah dasar, siswa, dan siswi dari sekolah dasar sekitar turut diundang ke dalam kegiatan tersebut. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi siswa dan guru. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan aspek karakter siswa seperti kerjasama, kemandirian, religius, dan kreatif serta mengeksplorasi potensi siswa sesuai dengan kemampuan individu.

Kegiatan ini melibatkan semua karya yang dihasilkan oleh siswa selama proses belajar mengajar tahun ajaran 2022/2023 serta menampilkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti PMR, Pramuka, Kesenian, Olah Raga, Marching Band, sainspreuneur, dan literasi. Selain itu, bazar buku murah dan baju murah turut diadakan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan keberadaan SMPN 2 Cikalongwetan kepada masyarakat sekitar dan menjalin hubungan silaturahmi antara sekolah dengan masyarakat serta sekolah dasar sekitar.



Kegiatan ini dilaksanakan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah yaitu PANDAI (Prestasi, Agamis, Nyaman, Dinamis, Aktif, dan Inovatif) agar tercapainya siswa Indonesia yang memiliki karakter Pancasila. Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, dan kreatif.

Semua siswa, guru, dan pengunjung antusias mengikuti kegiatan ini. Para pengunjung dapat melihat semua hasil karya siswa, kegiatan ekstrakurikuler, dan bazar yang diletakkan di atas meja dan dihias oleh siswa dengan bimbingan wali kelas dan guru. Dalam kegiatan ini, juga ditampilkan kreasi seni seperti puisi, pidato dalam bahasa Inggris, tarian budaya lokal seperti Jaipongan, dan menyanyi. Kegiatan ini sukses digelar dan diharapkan bisa menjadi ajang untuk menampilkan kreativitas siswa serta mengembangkan karakter mereka.

kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi akademik siswa, meningkatkan rasa religius dan menjalin hubungan yang harmonis antara siswa dan masyarakat sekitar. Sebagai bagian dari proses pendidikan karakter, SMPN 2 Cikalongwetan berharap siswa dapat memperoleh pengalaman berharga dalam kegiatan ini, termasuk belajar bekerja sama, mengembangkan kepercayaan diri, dan menunjukkan rasa cinta kepada lingkungan sekitar.

Di akhir kegiatan, kepala sekolah SMPN 2 Cikalongwetan mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi yang telah diberikan oleh seluruh guru, siswa, orang tua, tokoh masyarakat, dan pihak terkait dalam kegiatan ini. Beliau juga berharap agar kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan karakter siswa secara menyeluruh.***red

Sumber berita Endang Wahyu Widiasari, M.Pd Kepala SMPN 2 Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat



Post a Comment

0 Comments